Air Terjun

Akhirnya aku menemukan juga sebuah lokasi yang memiliki air terjun di Inggris sini, tepatnya ketika suatu hari jalan-jalan melintasi kota Upon Tyne. Lokasi air terjun tidak jauh dari kota Newcastle dan bisa ditempuh dengan jalur first bus biasa. Dari train station, jalan sedikit ke arah city center, kemudian naik bis no 12. Tempat perberhentian bus no 12 ini ada di depan poundland, di dekat charity shops. Tempat menunggu bis ini tidak jauh dari central rail station, sekitar lima menit dengan berjalan kaki dan sebelum tugu Newcastle.

Kita harus berjalan dulu menyusuri jembatan dan lembah. Di sebelah kanan adalah aliran sungai dengan berbatuan, sementara di sebelah kiri berupa perbukitan dengan pepohonan besar. Daerah ini dulunya merupakan kawasan perindustrian windmill. Namun, seiring dengan terjadinya kemunduran perindustrian di UK, maka daerah ini tidak lagi digunakan sebagai kawasan industri. Sehingga tampak puing-puingnya saja yang bisa bercerita melalui sejarah.

Ada banyak pengunjung yang datang kemari. Tujuannya sih sekedar jalan-jalan dan ada juga yang ingin melihat air terjun yang cantik tersebut, meski tidak sebesar air terjun di Indonesia atau Niagara..:)

Daerah ini cukup asri dan sejuk karena banyak pepohonan dan aliran airnya. Naik sedikit ke atas bukit, ada sebuah park tempat bermain anak-anak yang dilengkapi sejumlah alat permainan. Di tempat ini banyak anak-anak yang ditemani orang tua mereka untuk bermain, apalagi cuaca panas yang sangat mendukung untuk bermain di luar sana.

Gambar-gambar di bawah merupakan reruntuhan Windmill:

reruntuhan bangunan perindustrian

roda kincir air

Tinggalkan komentar