Mata Uang Inggris

Tiba-tiba telepon genggamku berdering. Sebuah es-em-es masuk ke inbox. Kubuka isi inbox tersebut segera.

“… untuk uang penny, pence, dan pounds hubungannya bagaimana?” seorang teman yang baru datang dari Indonesia bertanya dengan agak kebingunan.

Teringat ketika baru datang ke Inggris beberapa tahun yang silam, aku juga mengalami kebingunan untuk membedakan jenis uang logam yang berbeda-beda nilai, bentuk, dan warnanya tersebut.

Makanya, ketika melakukan pembayaran ke kasir atau ke tempat-tempat belanja maka aku lebih suka menggunakan uang kertas saja. Bagiku hal ini lebih praktis karena aku tidak perlu menghitung dan memilah-milah uang logam mana yang harus aku gunakan untuk melakukan pembayaran tersebut. Seringkali terjadi kekeliruan pembayaran alias uangnya kurang karena pence disangka pound dan pound dikira penny. Kalau ingat-ingat kejadian tersebut aku terkadang senyum-senyum sendiri.

Ternyata, kejadian tersebut dialami oleh banyak orang yang baru datang ke Inggris, tidak hanya diriku saja. Ya, selain mata uang kertas, negara Inggris juga memiliki mata uang logam yang bentuk, nilai, dan warnanya yang berbeda-beda.

Perlahan setelah mempelajari, baik dari internet, bertanya dengan orang-orang di sekitarku, dan juga dari kesalahan melakukan transaksi, aku menjadi semakin mengenal beragam jenis mata uang tersebut dengan baik, sehingga kekeliruan dalam transaksi pembayaran dapat segera diatasi.

Segera kujawab es-em-es tersebut. “… Nilai mata uang pound nominalnya lebih besar daripada mata uang pence dan penny. Nilai mata uang terkecil adalan pence. Jadi, jangan keliru ya. Dari warnanya, pound dapat dikenali dari warnanya yang kuning emas, pence berwarna perak biasa, dan penny berwarna agak kemerah-merahan seperti tembaga”.

Kulanjutkan es-em-es tersebut dengan menjelaskan “Nilai mata uang pound ada dua jenis, yaitu £1 dan £2. Nilai mata uang pence ada empat jenis, yaitu 5, 10, 20, dan 50. Sedangkan nilai mata uang penny ada empat jenis, yaitu 1p, 2p, 5p, dan 10p”.

So, jika transaksi pembayaran yang harus kita keluarkan, misalnya £2.53 maka uang yang harus kita siapkan adalah 2 mata uang pound + 50 mata uang pence + 3 mata uang penny.

Semoga saja penjelasan singkat ini bisa memberikan jawaban yang tepat dan akurat. Tidak perlu khawatir jika salah, toh juga pengalaman adalah guru yang baik. Ia akan memperkaya wacana dan memberikan kesan dalam tiap perjalanan yang ada, bukan begitu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s