Perjalanan Ruhani ke Mekah dan Madinah

Bulan ini aku telah berkunjung ke salah satu pameran yang bertempat di British Museum, London. Pameran tersebut mengangkat tema tentang salah satu rukun Islam, yaitu haji. Judulnya begitu spektakuler “Hajj: Journey to The Heart of Islam.”
Pameran ini begitu mengesankan saya, seakan saya dibawa ke Mekah dan Madinah, mengikuti rangkaian ritual haji yang dilakukan oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

Ada banyak foto, gambar, lukisan, replika, dan juga beberapa dokumen dari zaman dahulu kala yang dipamerkan di tempat ini.

Aku angkat topi. Inilah salah satu kelebihan Inggris, sangat menghargai sejarah. Di tempat ini, tepatnya di British Museum aku sekali lagi terkesima dengan banyaknya dokumen-dokumen dan berbagai hal tentang haji yang diperlihatkan kepada pengunjung, sejak zamannya VOC dulu yang aku pikir pemerintah Indonesia saja never cares about it.

Namun sayang, tidak boleh mengambil berbagai foto di dalamnya. Tadinya sih kepingin banget mengabadikan berbagai hal bersejarah tersebut, terutama yang ada hubungannya dengan haji di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s