Money Tree

Baru-baru ini membaca sebuah berita mengenai sepasang kekasih yang mendapatkan lotere sebesar empat puluh satu juta poundsterling. Gak kebayang berapa banyak jumlah nolnya jika ditukar ke dalam mata uang rupiah🙂.

Lotere merupakan salah satu adu-keberuntungan yang biasa dilakukan oleh orang Inggris. Kalau ikut lotere, pilihannya cuma dua, yaitu kalah atau menang. Ketika saatnya apes maka bisa berakhir dengan kekalahan dan kebankrutan karena uang sudah habis buat membeli lotere yang tidak sedikit jumlahnya, biasanya. Sebaliknya, jika beruntuk maka bisa saja mereka memenangkan lotere tersebut dan mendadak seketika menjadi kaya raya.

Uang haram? Ya iyalah kalau menurut perspektif Islam karena termasuk pekerjaan mengadu untung dan riba. Agar umatnya berusaha dan bekerja keras sehari-harinya maka Islam melarang umatnya untuk mendekati, apalagi berurusan dengan hal ini.

Balik lagi ke lotere yang dimenangkan oleh pasangan tadi. Kira-kira dengan uang sebanyak itu, apa yang akan mereka lakukan ya? Umumnya, seperti pemenang-pemenang lotere yang sebelumnya, mereka akan berpesta foya menghabiskan uang tersebut. Entah berapa hari pesta yang akan mereka gelar. Namun, ada banyak cerita sedih berakhir tragis dari banyak pemenang lotere yang ada di Inggris. Mereka akhirnya tewas karena terlalu banyak berpesta. Kegembiraan yang berakhir dengan kesedihan pada akhirnya.

Kalau menurut seorang ustadz, “Uang yang diperoleh dengan cara tidak barakah maka akan cepat habis karena tidak barakah”. Sudah banyak kejadian yang kita dengar dan lihat bahwa banyak orang kaya yang memiliki harta segudang tetapi selalu mengeluh kekurangan harta dan uang. “Hal tersebut karena kebarakahan tidak meliputi kehidupan mereka”, demikian kata ustadz.

*seandainya sebuah pohon berdaunkan uang yang bisa dipakai untuk membeli barang, what you think? hehe.. ngayal mode. Tiba-tiba saja teringat masa kanak-kanak dahulu kala. Main jual-jualan dengan menggunakan uang daun😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s