Khas dan Kebanggaan

Alhamdulillah, rezeki-Nya memang luas, dapat traktiran menikmati santapan khas makanan Thailand di sebuah restoran. Kebetulan pemiliknya adalah muslim,jadi tak perlu khawatir menjadi vegetarian🙂.Jadi ingat ketika di Taiwan dulu, ditraktir profesor makan di restoran Thailand bersama beberapa teman. Kebetulan profesor sangat menyukai masakan Thailand yang sangattasty dan spicy.

Ada beberapa restoran Thailand di York dan tidak ada satu pun restoran Indonesia, sayangnya. Restoran Thailand sangat terkenal di Inggris dan orang Inggris sendiri sangat menyukai masakan Thailand. Saya sebenarnya heran, kenapa masakan khas Thailand lebih terkenal di dunia daripada masakan khas Indonesia? Padahal, teman saya yang orang Thailand asli pernah mengatakan sehabis dia menghabiskan liburan ke Indonesia bahwa sesungguhnya dia sangat terkesan dengan Indonesia, jauh dari bayangannya selama ini. Juga, masakan Indonesia lebih beragam dan jauh lebih enak daripada masakan Thailand.

Setelah saya amati sepertinya kekurangan kita (bangsa Indonesia) adalah pada sisi pemasaran sehingga banyak produk kebanggaan milik Indonesia yang tidak dikenal di negara lain. Jangankan makanan, negara Indonesia saja banyak yang tidak tahu. Tapi ketika disebutkan Bali maka semua orang Bule yang kutemui akan manggut-manggut dan langsung menanggapi dengan antusias.

Banyak kejadian lainnya yang kutemui bahwa ternyata Indonesia tidak begitu dikenal. Ketika bertemu dengan seseorang karena penampilanku yang memakai kerudung maka mereka langsung menebak, “Are you from Malaysia?”

“Oh no, I am not Malaysian. I am Indonesian”, jelasku bangga dan bersemangat.

“Oh, sorry …” katanya kembali.

Sepertinya mereka masih berpikir Indonesia itu negaranya seperti apa dan letaknya dimana di peta dunia. Ah, sedihnya.

Pesan saya, khususnya bagi mereka yang sedang berada di luar negeri. Mari, mari kita promosikan kebanggaan dan kekhasan negara kita tercinta, Indonesia kepada dunia. Be proud of Indonesia and being of Indonesian people!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s