Indonesian Spring Roll

This time is for our cooking class in this winter break … lol

Kali ini kita memasak spring roll. Kata teman-teman sih, spring roll buatanku yahuud punya. Gak nyombong, tapi memang begitulah kenyataannya. Tidak tahu ya mengapa mereka mengatakan begitu. Mungkin karena dibuat dengan penuh cinta sehingga rasanya sangat enak. Hehe … no offense.

Padahal, kalaulah mereka tahu bahwa si empu tak pandai memasak dan memang tak suka masak. (So sorry my dear calon husband. I am sure, kau mencari seorang isteri kan buat pendamping hidupmu, bukan seorang tukang masak? :p).

Bukan apa-apa sih karena sering mabok dengan bau dapur🙂. Jadi, setiap kali habis masak-memasak memang kudu ganti baju lagi biar baunya tidak kemana-mana, especially merambah kamar kost-kostan yang ukurannya 3m kali 3m🙂.

Jikalau juga mereka tahu bahwa ada spring roll lain yang jauh lebih enak (*lirik tetangga) maka bisa berpindah ke lain hati pastinya.

Okeh, tak usah berlama-lama, saya langsung bagi resepnya. Karena I am, indeed, a simple person, jadi saya juga suka resep yang simpel-simpel aja biar gak terlalu lama berada di dapur dan bisa langsung menikmati santapan yang uenak.

Bahan yang dibutuhkan:
Spring roll wrappers. Kulit spring roll ini bisa dibeli di toko supermarket Cina atau toko Pakistan di kota sekitar di Inggris. Bisa juga sih membuat sendiri, tapi tentu saja memakan waktu yang sangat lama.

Mix vegetables. Saya juga lebih prefer beli frozen mix vegetables yang bisa dibeli di toko-toko supermarket seperti Asda, Tesco, Aldi, atau Saintsburry. Saya kira, hampir semua toko swalayan di Inggris menjual frozen mix vegetables ini. Jika ingin menggunakan sayuran yang lebih fresh, bisa menggunakan jagung manis, wortel, buncis, dan kacang polong. Potong sayuran tersebut kecil-kecil sesuai selera.

Bawang bombay. Satu aja, iris bentuk dadu.

Bawang putih. Bisa diiris, bisa juga ditumbuk halus. Biasanya sih saya pake hand mixer atau blender. Maklumlah, di Inggris sangat sulit menemukan ulekan, kecuali membawa sendiri dari Indonesia.

Tuna. Saya pilih tuna kaleng. Lebih praktis.

Telur. Satu atau dua butir.

Garam secukupnya.

Gula pasir. Kira-kira seperempat sendok teh (bukan sendok makan ya :))

Minyak wijen. Nah, ini mungkin resep rahasianya kenapa rasa spring roll saya berbeda😉

Cara memasak:
Tumis bawang bombay hingga harum.
Masukkan bawang putih. Tumis bersama bawang bombay.
Kemudian masukan telur. Orak-arik ya!
Setelah itu masukkan sayurannya. Aduk-aduk.
Tambahkan minyak wijen. Aduk lagi.
Masukkan tuna, aduk lagi.
Tambahkan sedikit gula dan garam sesuai selera.
Aduk, kemudian angkat. Jangan terlalu lunak karena akan tidak enak rasanya.
Tunggu sebentar sampai bahan isi tersebut dingin.
Kemudian masukkan bahan isian sebanyak satu sendok penuh ke kulit spring roll. Lipat yang rapi. Cara melipatnya bisa bermacam-macam. Silahkan berkreasi sendiri aja deh🙂.
Goreng ke dalam minyak panas.
Angkat, tiriskan.
Sajikan selagi hangat…!

Selamat mencoba …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s