Syahid Berjalan

Ditebaskannya pedang ke arah musuh dengan membabi buta. Dan tak diperdulikannya tubuhnya yang sudah penuh luka-luka, ia tetap gigih menghadapi serangan musuh yang bertubi-tubi. Konon, dalam suatu perang Uhud, beliaulah sahabat yang mati-matian melindungi Rasulullah saw yang pada waktu itu kaum muslimin sangat terdesak dari serangan musuh kaum musyrikin.

Pantas saja jika Rasulullah memberikan gelar kepada beliau sebagai ‘syahid berjalan’ karena keadaan fisiknya yang parah akibat banyak pertempuran bersama Rasulullah saw. Maka Rasulullah saw pun bersabda: ‘Barang siapa yang ingin melihat syahid yang sedang berjalan di muka bumi ini, lihatlah Talhah ibn Ubaidillah’.

Talhah ibn Ubaidillah adalah sosok yang sudah teruji baik pengorbanan maupun kesetiaannya dalam membela Rasulullah saw. Tak hanya itu, Talhah yang berprofesi sebagai pedagang, pun sangat dermawan. Suatu hari Talhah kelihatan murung karena memikirkan uangnya yang banyak tersebut dan untuk dipergunakan sebagai apa. Isterinya yang melihat hal tersebut menyarankannya agar membagi-bagikan uang tersebut kepada fakir miskin yang ada.

Talhah, engkau sungguh manusia mulia. Semoga kami semua bisa mengambil pelajaran berharga dari keteladananmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s