Batu Tumpuk

Mungkin kau bertanya, apa sih istimewanya batu tumpuk? Sama sepertiku, aku pun pernah menanyakan hal tersebut baik kepada diriku sendiri maupun kepada orang-orang sekitarku yang pernah melihat dan mengunjungi tempat tersebut.

Batu tumpuk Stonehenge telah membuatku penasaran. Padahal, tidak ada yang terlalu istimewa. Jika dibandingkan dengan batu tumpuk yang ada di Indonesia seperti Borobudur, maka tidak bisa diukur. Bagiku, Borobudur jauh lebih menarik dan cantik. Apalagi, tumpukan batunya lebih banyak dan lebih dahsyat karena bisa membentuk sebuah candi yang indah.

Stonehenge ternyata jauh lebih kesohor karena promosi yang sangat jitu yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Bahkan, banyak pengunjung yang jauh-jauh datang dari Perancis hanya untuk melihat dan mengelilingi batu tumpuk Stonehenge ini. Padahal, letak Stonehenge agak di pinggiran dan jauh dari kota London. Stonehenge sendiri berjarak lebih kurang 30 mil dari kota Southampton, tepatnya di desa Wiltshire, Salisbury. Lokasi ini bisa dicapai dengan mengendarai kendaraan pribadi atau bus pariwisata yang telah disewa. Tentu saja tidak akan sampai ke tempat ini jika berjalan kaki. Bisa saja, tapi mungkin sudah pingsan duluan di tengah jalan..:D

Stonehenge sebenarnya berasal dari kata stone, yang berarti batu dan henge, yang berasal dari kata hang atau hinge, yang bisa berarti menggantung atau batu yang berukuran sama dan berkaitan. Batu-batu stonehenge memang berukuran hampir sama, berbentuk panjang dan kokoh. Batu-batu ini tersusun tegak dan di atasnya ditaruh batu juga dengan posisi melintang. Jika dilihat dari udara maka susunan batu-batu ini berbentuk melingkar.

Batu tumpuk Stonehenge dibangun sekitar 3500 tahun yang lalu dan digunakan sebagai tempat pemujaan orang Inggris dahulu kalanya, Mereka biasanya berkumpul dan berdoa di sekeliling batu tersebut. Berkeliling seperti gerakan thawaf yang dilakukan oleh umat Islam di kala menunaikan ibadah haji. Bedanya, mereka menyembah batu berhala, umat Islam tidak.

Di sekeliling batu tumpuh Stonehenge merupakan padang rumput luas. Ada juga peternakan domba di sekitarnya. Pemandangannya tidak begitu cantik menurutku karena pusat perhatian hanya tertuju kepada batu tumpuk tersebut.

Meskipun cuma batu tumpuk, ada banyak sekali pengunjung yang penasaran untuk melihat fenomena tumpukan batu tersebut.  Karcis masuk pun bagiku sangat mahal. Untuk adult ticket £7.40, concession £6.80, dan anak-anak £4.50. Mahal ya? Tak mengapalah, toh juga aku hanya sekali datang kemari. Sudah kadung jauh, jika tidak masuk ke tempat ini rugi juga sih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s