Teh India

Resep ini kudapat dari seorang teman yang berasal dari India dan Pakistan. Teh India atau Pakistan atau Bangladesh sangat berbeda dengan teh pada umumnya. Biasanya orang India dkk selalu memasak tehnya di atas kompor.

Aku jadi teringat dengan kopi atau teh Aceh. Alhamdulillah, beberapa tahun yang lalu aku diberi kesempatan untuk mengunjungi Aceh, menjadi relawan tsunami bersama rombongan LSM Komite Indonesia untuk Aceh. Kami sempat mampir di warung kedai kopi Ayah yang sangat terkenal di kota Banda Aceh. Lezatnya memang tiada banding..

Cara orang Aceh membuat teh atau kopi sama dengan cara yang dilakukan oleh orang India, yakni dengan memasaknya terlebih dahulu di atas kompor. Makanya, rasanya memang sangat nikmat. Maklumlah, orang Aceh memiliki keturunan India, sepertinya. Menurut sejarah sih, orang pertama yang menyebarkan agama Islam di Aceh adalah seorang pedagang berasal dari Gujarat, India.

Caranya:

Ambil segelas susu dan taruh ke dalam panci untuk merebus air. Tambahkan satu sendok teh gula. Jika suka, bisa ditambahkan satu sendok coklat. Kemudian, didihkan susu bersama teh tersebut di atas kompor sampai mendidih, kira-kira 10 sampai 15 menit. Lalu angkat dan tuang ke dalam gelas. Hmmm lezaaaattt..

Jika tidak terlalu suka coklat, bisa mengikuti resep asli dengan menambahkan kayu manis, jahe, dan kapulaga. Rasa rempah-rempahnya yang khas menambah aroma dan juga untuk menambah stamina, apalagi jika badan terasa capek. Setelah itu..tidur pulas🙂

Jika malas masak dengan menggunakan kompor, bisa juga dengan menggunakan microwave. Cukup taruh susu ke dalam gelas atau mangkuk. Jangan lupa taruh tehnya juga. Bisa ditambah gula atau coklat bubuk jika ingin lebih lezat. Kemudian, taruh di dalam microwave selama 5 menit. Keluarkan sebentar dan aduk-aduk agar susu tidak pecah. Lalu masukkan kembali ke dalam microwave. Tunggu sampai selesai dan segera nikmati..

*pic in progress soale setiap kali buat udah keburu diminum😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s