Sate Klathak

Warung Pak Pong, begitu plang nama yang diletakkan agak tinggi di atas bangunan sederhana dan tidak begitu besar, sudah sangat terkenal, khususnya bagi orang Yogya dan sekitarnya. Konon katanya, yang mempopulerkan warung ini adalah para relawan gempa yang datang untuk menolong para korban bencana sebelum gunung Merapi meletus.

Terletak jauh di pinggiran kota Yogya, tepatnya di kota Imogiri Bantul, tak membuat warung ini sepi dari pengunjung. Bahkan, pengunjungnya kebanyakan berasal dari luar kota Imogiri. Suasana pedesaan pun sangat terasa. Tampak pemandangan hijau di kanan dan di kiri. Di depan warung pun tampak terbentang luas sawah penduduk, persis seperti permata hijau. Warung makannya pun berbentuk gubug-gubug yang dibangun di pinggir sawah. Sembari makan, kita pun bisa merasakan udara segar pedesaan dan menikmati pemandangan yang cantik di luar sana.

Warung ini menyediakan berbagai macam menu masakan yang berasal dari kambing dan daging, seperti tongseng, gule, dan tengkleng. Selain itu, ada lagi menu yang sangat istimewa dan menjadikan warung ini sangat terkenal. Yaitu, sate Klathak. Nama sate yang agak asing di telinga kita karena biasanya kita jumpai di warung-warung makan atau gerobag dorong adalah penjual sate Madura dengan bumbu kacang dan kecap manisnya atau sate Padang yang pedas dengan bumbunya yang khas. Lantas, apa yang istimewa dari sate Klathak sehingga menjadikannya terkenal? Sate ini cukup unik. Ternyata, sate kambing ini ditusuk dengan besi yang panjang, bukan dengan lidi seperti sate-sate pada umumnya dan dibakar tidak dengan menggunakan bara api, melainkan langsung di atas api. Unik ya. Rasanya? Uenak tenan, apalagi dicampur dengan nasi hangat, gule dan lalapan timun atau kol.

Bagi yang penasaran dengan cita khas rasa sate dan suasana pedesaan warung ini, silahkan mampir ke kota Imogiri, Bantul, Yogyakarta dan menikmati kuliner wisata kota ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s