Musim semi tlah tiba

Ini adalah musim semi ketiga yang kujalani selama berada di negeri Ratu Elizabeth ini. Musim semi adalah musim yang sangat kunanti.  Badan tidak menggigil kedinginan lagi karen temperatur pada musim ini mulai menghangat. Pakaianpun tidak harus berlapis-lapis lagi karena sinar matahari telah mulai terik di musim ini.

Musim semi adalah musim yang sangat cantik. Tanaman-tanaman mulai menampakkan dirinya kembali setelah musim dingin berlalu. Recovery diri. Pohon-pohon yang tadinya meranggas berangsur-angsur tumbuh dengan kuncup daunnya. Dan di setiap sudut kota bunga-bunga berwarna-warni memancarkan keanggunannya.

Awal musim semi sangat mudah dikenali. Biasanya pergantian dari musim dingin ke musim semi selalu diawali oleh tanaman kecil yang bunga putih seperti rumput liar yang tumbuh mengelompok di atas tanah. Jika sudah melihat tanaman ini dimana-mana maka tandanya spring begins!

Kemudian ciri khas lainnya di musim semi adalah tumbuhnya  bunga daffodil di mana-mana. Sangat cantik melihat daffodil yang tumbuh berumpun dan berwarna kuning terang tersebut.  Pada musim semi bunga daffodil dapat dijumpai hampir di seluruh kota di Inggris. Menurutku, bunga daffodil adalah bunga khas negara Inggris. Daffodil ini bentuknya seperti terompet dan tumbuh di atas tanah, seperti bunga tulip yang berasal dari Belanda. Daffodil ternyata berwarna-warni, tidak hanya kuning atau putih. Daffodil juga ada yang berwarna oranye. Namun sayang bunga ini tidak wangi seperti bunga mawar. Ia cantik dilihat, tapi tidak untuk dicium aromanya karena baunya yang juga khas.

Selain itu banyak juga dijumpai cherry blossom yang berwarna putih atau merah jambu. Cherry blossom atau pohon bunga ceri ini juga menjadi ciri khas musim semi. Kalau di Jepang orang sering menyebutnya sebagai bunga sakura. Setiap mata yang memandang cherry blossom ini pasti akan jatuh cinta. Setiap batang cherry blossom akan penuh dengan bunga-bunga kecilnya. Satu, dua atau tiga cherry blossom tidak tampak indah. Tapi kalau jumlahnya puluhan atau ratusan dalam satu pohon tentunya cantik sekali, bukan? Tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke negeri Sakura. Cukup disini saja menikmati tanaman-tanaman Sakura atau Cherry Blossom tersebut.

Hal inilah yang mendorong sebagian pendatang sepertiku untuk tidak melewati hari-hari di musim semi ini begitu saja. Jangan lupa difoto atau berpose dengan latar belakang bunga-bunga yang cantik tersebut..:). Apalagi sinar matahari sangat gagah memancarkan cahayanya sepanjang hari. Pas deh untuk menghabiskan waktu untuk jalan-jalan di musim ini.

‘Hari ini adalah hari yang tidak boleh dilewati begitu saja’, demikian kata temanku. Ya, emang sangat jarang hari yang begitu indah seperti hari ini. Cuaca cerah, hangat dengan terik matahari membuat semua orang ingin menghabiskan waktunya di luar sana. Bermain-main, berbelanja, bercengkerama, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati kopi atau teh susu di luar sana.

Biasanya di musim semi ini semua orang akan menyibukkan dirinya dengan gardening. Walaupun musim semi ini waktunya sangat singkat, selama kurang lebih tiga bulan lamanya, orang-orang tidak ingin melewatkannya begitu saja. Sebagian besar mereka akan sibuk untuk membeli bibit-bibit tanaman atau bunga berwarna-warni dan mulai menanam di halaman rumah atau kebun mereka masing-masing. Kegiatan tahunan untuk mempercantik rumah dan kota mulai terlihat di musim ini.

‘It won’t last lasting though..’, kata seseorang. Makanya, mereka berlomba-lomba untuk menanam berbagai macam tanaman, khususnya bunga-bungaan karena di musim ini tanaman-tanaman akan mekar kembali. Kesempatan langka bagi orang-orang Inggris untuk menikmati indahnya bunga-bunga tersebut. Dan herannya tanaman-tanaman tersebut hanya mampu hidup di musim semi. Setelah itu mereka akan menguning, layu, dan mati.

Hal ini tentunya berbeda dengan negara tropis, khususnya Indonesia, yang setiap hari dan sepanjang tahun bisa kita nikmati keindahan tanaman dan cantiknya berbagai bunga dengan aneka warnanya. Semua harus dinikmati karena setiap sudut bumi adalah milik-Nya yang harus disyukuri.

2 thoughts on “Musim semi tlah tiba

    • maksud proses bagaimana? musim semi terjadi untuk daerah nontropis. sudah terjadwal begitu🙂
      musim semi ini terjadi setelah musim dingin, disebut juga musim bunga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s