Bradford

Kota Bradford terletak di bagian utara negara Inggris, tepatnya termasuk dalam kawasan Yorkshire bagian Barat. Kata Bradford sendiri berasal dari kata Broad-Ford yang merupakan nama sebuah tempat di kota ini. Kota ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi sekitar 2.4 juta jiwa pada tahun 2004. Kota ini pun dipenuhi dengan para pendatang (imigran) yang berasal dari berbagai negara dengan jumlah yang cukup tinggi pula. Imigran yang berada di Bradford sebagian besar berasal dari Asia (26%) seperti negara Pakistan, India, dan Bangladesh. Akibatnya, terjadinya asimilasi kebudayaan setempat dengan kebudayaan pendatang. Hal ini dapat dilihat dari  jenis makanan di restauran yang ada. Kebanyakan penjualnya adalah imigran yang berasal dari Pakistan, India atau Bangladesh. Menu makanan yang disajikan pun ala negara tersebut, seperti kari, biryani, capati, dan sejenisnya. Selain itu, akan kita temui orang yang memakai pakaian tradisional India, Pakistan atau Bangladesh seperti sari atau jubah panjang atau sejenis koko yang biasa kita temui di ketiga negara tersebut.

Bradford menjadi kota kedua setelah London yang memiliki jumlah muslim terbanyak di Negara Inggris. Agama Islam sendiri dibawa oleh para imigran yang sebagian besar memang beragama Islam. Hal ini tentunya membawa pengaruh terhadap kota Bradford, termasuk masalah perkembangan dan penyebaran agama Islam di kota ini. Bahkan, agama Islam sendiri tumbuh subur di tengah-tengah mayoritas masyarakat Inggris yang tidak terlalu relijius dengan kepercayaan yang dianutnya.

Di sisi lain, kota Bradford menjadi pusat perfilman nasional Negara Inggris. Tepatnya pada tahun 2009, kota Bradford dinobatkan sebagai pusat perfilman dunia oleh UNESCO. Perkembangan perfilman ini cukup besar, apalagi dengan dibangunnya kerja sama dengan Bollywood, IndiaAda banyak actor dan aktris terkenal yang berasal dari kota ini. . Contohnya, Simon Beaufoy, yang menjadi penulis naskah terkenal dalam film Slumdog Millionaire yang ditonton oleh seluruh dunia adalah berasal dari kota ini. Banyak karya-karya film internasional yang telah sukses dibuat dan ditayangkan ke seluruh dunia melalui industri perfilman di kota ini. Untuk menunjang arus informasi perfilman dan sebagai penanda cirri khas dari kota ini, maka pemerintahan setempat mendirikan sebuah museum film bernama ‘The National Media Museum’ yang menjadi pusat informasi media dan perfilman di Inggris. Ada banyak pula cinema besar dan terkenal di tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s