Ash Rain

Seorang teman tiba-tiba muncul dengan tergopoh-gopoh dari balik pintu ruangan PhD. ‘I forgot my umbrella,’ katanya. Padahal, setahuku hujan di luar sana tidak tampak begitu derasnya.‘I need to protect my head from ash rain,’ lanjutnya lagi menjelaskan.

***

Ash rain adalah partikel-partikel yang ikut turun ke bumi bersama turunnya air hujan. Partikel-partikel ini mengandung beberapa unsur kimia yang berbahaya. Partikel-partikel debu ini bisa saja berasal dari semburan gunung berapi yang meletus atau dari bekas ledakan pesawat di udara. Akibatnya, udara akan bercampur dengan partikel-partikel tersebut dan tercemari oleh unsur-unsur kimia berbahaya yang berasal dari dua kejadian tersebut. Ketika terjadi hujan maka otomatis air hujan yang jatuh ke bumi juga akan tercampur oleh partikel-partikel debu yang mengandung unsur-unsur kimia tersebut.  Dan apabila hujan tersebut jatuh ke bumi dan mengenai organ kepala manusia maka salah satu dampaknya adalah bisa membuat kepala menjadi botak karena kandungan unsur kimia yang ada.

Jadi, baiknya memang kita melindungi diri, terutama bagian penting yakni kepala dan rambut agar tidak terkena dampak dari ash rain ketika hujan turun dengan memakai pelindung kepala, payung atau alat-alat lainnya yang berfungsi untuk melindungi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s