The Beatles

Palembang, Indonesia

“..Yesterday, love such an easy game to play. Now I need a place to hide away. Oh I belive in yesterday..”Lirik di atas mengingatkanku pada beberapa tahun yang lalu ketika aku duduk di bangku es-em-pe kelas satu. Hari itu adalah pelajaran bahasa Inggris pertama. Dan masih kuingat bahwa pelajaran hari itu adalah menyanyi lagu bahasa Inggris: Yesterday dari grup The Beatles. Teks lagu tersebut sudah ada di dalam sebuah buku cetak bahasa Inggris yang kami beli. Lagu tersebut enak didengar dan dinyanyikan. Lirik kata-katanya tidak begitu sulit dan pendek. Kami pun bernyanyi lagu bahasa Inggris. Ibu guruku sebenarnya ingin memberitahu bahwasanya jika ingin belajar dengan mudah dan menyukai bahasa Inggris (karena pada waktu itu banyak di antara teman-temanku mengalami kesulitan dan tidak menyukai pelajaran ini) maka cara mudahnya adalah melalui lirik lagu, mendengarkannya dan kemudian melafalkan nyanyian tersebut. Yesterday..

***

Liverpool, UK

SDC11789

Ada tawaran ikut trip dengan international student di kampus. Trip murah ke Liverpool. Kesempatan ini tidak kulewati begitu saja. Dengan 5 pound saja maka aku bisa jalan-jalan ke Liverpool. Yippiii..!! Bagiku kota ini adalah legendaris dan sangat terkenal. John Lenon dengan grup musik rock terkenal, The Beatles, memulai debutnya dari kota ini. Selain itu, grup bola dunia, Liverpool, juga ada di kota ini. Liverpool, I’m coming..

Livepool adalah salah satu kota terbesar di UK. Kota metropolitan dan juga unik, bagiku. Perpaduan antara cita rasa seni dan olahraga ada di sini. Liverpool ternyata kaya dengan kebudayaan, mulai dari literatur, musik, puisi, teater, seni visual dapat ditemukan di tempat ini. Ternyata seniman besar banyak terlahir dari tempat ini. Tidak hanya itu, beberapa penemuan seperti kapal feri dan kereta api ditemukan di tempat ini sebagai transportasi massa.

***

Albert Dock, Liverpool

IMG_1521

SDC11731

Albert Dock adalah tempat tujuan pariwisata internasional di Liverpool. Tampak di kanan dan kiri terdapat bangunan pencakar langit. Di dekatnya ada Liverpool One, pusat perbelanjaan barang-barang berkelas. Hotel bintang empat, Hilton pun ada di daerah ini.

SDC11772

Setelah beberapa tahun terlewat, dan nyaris tidak pernah menyanyikan lagu ‘Yesterday’ lagi, akhirnya aku menginjakkan kaki tempat kelahiran The Beatles pada 1960 tahun yang lalu. The Beatles History. Bangunannya biasa, seperti rumah di UK pada umumnya. Tidak ada yang wah terlihat dari luar. Ruangannya tidak sebesar nama legendaris penyanyinya. Sayang, tidak banyak sejarah The Beatles yang bisa disaksikan di tempat ini. Hanya beberapa atribut seperti kaos, jamper, mug, pin, gantungan kunci, CD dan VCD saja yang ada. Tidak ada foto-foto, tulisan-tulisan atau atribut legendaris yang digunakan John Lenon dan kawan-kawan yang berhasil kutemukan di tempat ini. Barang-barang legendaris tersebut sebenarnya dapat mengembalikan romantika grup band-nya ke masa lampau. Minimal mengenang ketenaran dan kepiawaian para penyanyinya di masa tersebut.

Sayang…Walau agak kecewa, tapi tetap exciting karena minimal sudah mampir di tanah kelahirannya John Lenon. Bagaimanapun, I love Liverpool..

2 thoughts on “The Beatles

  1. Ram berkata:

    Kapal Titanic yang tenggelam tahun 1912 dan menelan ratusan (atau ribuan ?) orang juga kalau ngga salah dibuatnya di Liverpool,..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s