Kita belajar kultur, sesungguhnya

Sesungguhnya yang membedakan seorang mahasiswa atau pelajar yang menimba ilmu di luar negeri dengan mereka yang menimba ilmu di dalam negeri adalah lebih pada kesempatan mereka untuk belajar lebih banyak mengenai kultur, budaya, bahasa, dan kebiasaan masyarakat setempat yang berlaku di negara lain.

Selebihnya, menurut saya, seperti pengajar, terkadang tak jauh berbeda kualitasnya. Rata-rata pengajar di universitas terkenal di Indonesia pun berasal dari universitas-universitas terkenal di luar negeri di dunia. Jadi transfer ilmu dan pengalaman yang akan diberikan kepada para mahasiswanya pun tak akan jauh berbeda dengan apa yang telah diperoleh sebelumnya. Beberapa universitas/institut yang ada di Indonesia pun termasuk dalam 300 top university in the world.

Adapun perbedaan yang sangat menyolok adalah kultur riset yang cukup tinggi dibandingkan kultur riset di dalam negeri. Selain itu, belajar di luar negeri pun mengharuskan seorang mahasiswa/pelajar untuk memiliki jiwa kompetisi yang tinggi pula karena mahasiswa/pelajar yang belajar di suatu universitas terkadang berasal dari banyak negara, sehingga masing-masing individu harus bersaing untuk mendapatkan prestasi yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s