Inspirasi bisnis dari Tao Zhu-gong (Bag. 4)

Bagian ini adalah kelanjutan dari inspirasi kedua terkait dengan pentingnya menangani atau memperlakukan orang lain dengan baik.

Aspek kelima adalah pemerintah (government). Bagi orang pada umumnya, menjalin hubungan dengan pemerintah sangat penting terkait dengan banyak kebijakan yang dibuatnya. Banyak transaksi ataupun kesepakatan yang dibuat oleh pemerintah yang erat hubungannya dengan masalah bisnis ataupun perusahaan. Menjalin hubungan dengan pemerintah pun agak sulit karena banyaknya tingkatan kebijakan pemerintahan itu sendiri. Di samping itu, perusahaan harus memiliki kemampuan, usaha, waktu dan sumber daya dalam hal ini.

Aspek keenam adalah pengamat/media (analyst/media). Hubungan dengan media ataupun pengamat pun sangat penting. Kekuatan media adalah dalam membentuk opini publik. Di dalam kultur bangsa Cina (dan juga Asia, seperti Malaysia, Filipina dan Indonesia, pada umumnya), melakukan deal dengan para reporter, komentator ataupun jurnalis kerap dilakukan untuk memuluskan jalan bisnis mereka. Hal ini banyak terjadi di sebagian besar negara-negara Asia. Di dalam tradisi Cina, kita sudah mengenal istilah red pockets atau hong bao yang diberikan kepada orang tertentu dengan maksud untuk mencari dukungan.

Seiring dengan meningkatnya persaingan di dalam merk dan produk, perusahaan harus pandai dalam melakukan pendistribusian terhadap barang-barangnya secara langsung. Oleh sebab itu aspek terakhir yang juga sangat penting adalah distributor/agen (distributor/agency). Perusahaan juga hendaknya membuat aturan yang jelas bagi para distributor dan juga jaringan lainnya seperti agen, broker, retailer. Untuk meningkatkan hubungan dengan agen atau distributor, banyak perusahaan di dunia yang membuat berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan jalinan hubungan di antara keduanya. Terkadang aktivitas tersebut hanya bersifat santai seperti makan-makan atau minum-minum bersama, grup karaoke atau kegiatan santai lainnya untuk membuat hubungan yang akrab satu dengan lainnya. Jika hubungan antara perusahaan dan distributor berjalan dengan baik maka perusahaan akan lebih mudah memasarkan produk dan merk dagang mereka kepada khalayak melalui perantara mereka. Kesuksesan suatu perusahaan tentu saja sangat bergantung terhadap jaringan distributor yang telah dibuatnya.

Jadi, ide sebenarnya di dalam menjalin hubungan dengan orang lain adalah bagaimana sebuah perusahaan dapat membangun strategi dari fungsi pelayanan dan hubungan dengan khalayak umum secara efektif. Orang Cina adalah orang yang pandai berterima kasih. Mereka akan selalu mengingat jasa orang-orang yang telah berbuat baik pada mereka. Jadi tak heran memang kalau kebiasaan yang terjadi adalah orang Cina selalu mengucapkan kata xie-xie yang artinya terima kasih setiap kali mereka dibantu oleh orang lain.

bersambung..

One thought on “Inspirasi bisnis dari Tao Zhu-gong (Bag. 4)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s